Rabu, 30 Maret 2011

Native Speaker Ajaib

Kayaknya jabatan native speaker di sekolah gue itu adalah "jabatan yang terkutuk" kayak jabatan guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam dicerita Harry Potter. Ganti-ganti mulu! Gak ada yang betah sampe 1 tahun. 3 bulan aja rada susah nyarinya. Tapi semakin hari, native speaker di sekolah gue semakin "ajaib". Demi keamanan, gue samarin aja nama native speaker gue ini.

Gue dapet native speaker waktu gue kelas 7 semester 2. Kita sebut aja namanya Mr. Dustan. Dia dateng dari negeri nan jauh di mato, Jerman. Matanya biru, palanya rada botak, kulitnya putih. Konon dia pernah masuk Angkatan Laut. Au angkatan laut mana. Satu-satunya yang bisa memperkuat bahwa dia pernah masuk Angkatan Laut: cara jalannya. Jalan dia pincang udah kayak ayam abis disuruh ikutan sabung ayam sama pemiliknya. Dan dia ini kalo ngomong udah kayak orang ngeden. Mungkin logat Jerman sama Inggris itu beda jauh. Jadi dia ngomong kayak ketahan. Dasar anak-anak, setiap dia abis ngomong kita cuma jawab: "YEEES" mungkin dia pernah nanya ke kita "Are you guys are ugly and crazy?", tapi karena kita gak dengerin kita asal aja jawab "YES". Mungkin karena kegilaan kita di kelas Bilingual dia, akhirnya dia udah gak pernah lagi menampakkan batang hidungnya sampe sekarang.

Kedua, akhirnya gue dapet lagi native speaker setelah Mr. Dustan keluar. Namanya kita sebut aja dia Mr. Clown. Clown? Badut? No no no, sekolah gue bukan nyewa badut teletubbies untuk berantem sama Nyi Pelet make bahasa Inggris. Mr. Clown ini kalo gak salah dateng dari Amerika. Dia ini punya pengalaman tragis, tapi dia orangnya ceria dan lucu banget. Sejauh ini, paling enak diajar sama dia. Dia sering sharing kehidupan dia waktu itu. Gimana cerita dia bisa dateng kesini, dan sebagainya. Bahkan dia pernah kecelakaan dan jari-jarinya patah-patah. Sampe dia akhirnya kehilangan semangat idup, sampe hampir gak mao kawin. Tapi Tuhan berkata lain, akhirnya ada orang Indonesia yang kenalan sama dia lewat internet. Johan, Jodoh di tangan Tuhan, keajaibanpun datang. Akhirnya dia ke Indonesia dan menikah sama orang Indonesia. Bravo! Tapi sayangnya, dia gak ngajar gue lagi gara-gara kontraknya abis kalo gak salah. Aaah i miss him so badly.

Ketiga, setelah Mr. Clown keluar, digantilah native speaker kedatangan dari Skotlandia. Sebut aja namanya Mr.Adrian. Dia udah rada lama tinggal di Indonesia, jadi dia tau banyak soal Indonesia sampe artis atau makanannya. Dia itu tinggi, agak gendut, tapi keliatan selalu berkeringet, suka bawa-bawa aqua gelas kalo masuk kelas. Mungkin dia belom cocok sama iklim Indonesia yang panas abis kadang-kadang.

As always, kita pasti suruh ngajuin pertanyaan buat setiap native speaker yang masuk. Biar gak kaku gitulah. Akhrinya si Mr. Adrian ini ngaku kalo ternyata:

a. Dia suka banget sama Julia Perez
b. Dia suka band Wali, Ungu, Nidji, D'Massiv, ST12, dll.
c. Dia suka minum-minum! Tidurnya suka malem banget, mungkin pas dia mabok, dia ngerasa udah jadi kalong.

Setelah beberapa lama, kita juga mengetahui bahwa Mr Adrian ini: BUDEK. Jadi waktu itu kita iseng nanya, "Hey Mr Adrian, do you know SEKOTENG?" Kita nanya gitu karena kita tau kalo dia udah akrab sama makanan&minuman khas Indonesia. Kita udah H2C (Harap-harap cemas), eh taunya dia malah jawab, "What? Did you say Scotland? Yeah! I come from Scotland!"... Scotland <----> Sekoteng. Jauh.
Ada lagi, waktu itu ada yang nanya ke Mr Adrian, "Do you know ayam goreng?" and he said "What? Ayam? I am.. Adrian?" "...." Gue pusing. Tapi selama ini dialah yang paling aktif ngobrol sama murid-murid. Dia pernah minta anak cewek nunjukkin tari saman, bahkan minta diajarin! Dia juga suka nanya-nanyain kita macem-macemlah, dia kadang kalo lagi "kumat" suka nyambung-nyambung ke Julia Perez. Tapi tiba-tiba, ada kabar katanya dia pulkam ke Scotlandia. Dan sampe sekarang, dia gak pernah balik lagi ke sekolah gue.

Keempat, gue dapet native speaker (lagi). Sebut namanya Mr. Grey. Dia ini dateng dari Inggris. Orangnya diam-diam menghanyutkan, dia jalannya udah bongkok, udah tua deh pokoknya. Dia tuh ajaib, tiba-tiba nyuruh satu kelas gue berdiri cuma buat kalo dia lagi ngomong "Good morning" atau "Good afternoon". Abis itu dia nyuruh kita duduk lagi. Dia kadang kalo lagi ngejelasin suka duduk diatas meja, ketawanya juga putus-putus, suaranya: "ha-ha-ha-ha" kayak seakan-akan dia abis nelen Monas terus sesek napas. Gitu-gitu, gue pernah ngerasa malu banget sama dia. Dia ngoreksi buku bahasa Inggris sekolah gue. Dan baru buka halaman aja dia udah ketawa-ketawa, katanya dalam bahasa Inggris, "Liat nih buku kalian. Orang Indonesia kan yang nulis? Hahahaha, liat kalimatnya, "I am going to INFORM THE WEATHER. Hello? We cannot talk to the weather right? Hahahaha". Gila, serem banget nih orang dari masa lampau, pikir gue waktu itu. Tapi entah kenapa, kabar yang gue denger kalo dia itu sakit dan  gak bisa dateng. Sampe 2 minggu kedepan, dia tetep gak ada. Bahkan sampe sekarang.

FINALLY! TERAKHIR! YANG PALING BARU! UNTUK KELIMA KALINYA! Native speaker yang paling ajaib kata gue. Dia dateng dari Amerika, dia Islam. Sebut aja namanya Mr. Yasser. Kesan pertama gue liat dia, gue tiba-tiba inget sama maskot KFC, Colonel Sanders. Sekalian inget sama ayam gorengnya. Badannya gemuk, tinggi, kalo bediri di depan dia lo bakalan serasa berubah jadi kelompok kingdom monera atau protista, sedangkan dia animalianya. Ya lebih tepatnya, kalo diibaratkan kayak kutu kasur, lo kutunya, dia kasurnya. Beda jauh kan?

Setelah dia masuk ke kelas, langsung ada beberapa nickname baru kebeberapa anak kelas gue. Temen gue, Angga. Dia dijulukin "Jalu" sama Mr. Yasser. Jalu dalam bahasa Sunda, artinya ayam jantan. Ini gak jelas kenapa. Tapi emang, si Angga ini selalu jadi korban dimana-mana. Dia juga sempet ditanyain sama Mr. Yasser, "Why your skin are so black?" dan dia juga nanya ke Angga dalam bahasa Inggris, "Emangnya kamu gak pernah mandi? Main diluar terus?". Dalem. Abis itu tiba-tiba dia nyuruh si Kejun sama Eka, anak kelas gue buat geret meja mereka supaya disusun sejajar ngadep tembok. Dia tiba-tiba manggil temen gue si Varel. Dia disuruh main pingpong AGAINST THE WALL. Mungkin kalo di kelas gue ada monas, mungkin si Varel  disuruh main pingpong ngelawan Monas atau bahkan Tembok China sekalian. Ajaib gak sih? Dia juga manggil Varel tuh "Pingpong Boy". Mungkin 10 menit si Varel main pingpong lawan tembok, akhirnya dia nyuruh berenti. Dan malah tanya sama temen gue namanya Paul, "Hey, are you a gay? Don't sit like that!". Konon katanya anak-anak kelas lain, setiap kelas pasti ada orang yang ditanyain "Are you a gay?" sama dia. Gue gak tau apa dia diam-diam mengagumi seorang gay apa dia trauma karena pernah berurusan dengan gay atau mungkin dia hampir pernah mau jadi gay.Wallahualam.

Pas masuk dia juga bawa-bawa kipas kayak emak-emak mau kondangan, dan waktu itu kain dikipasnya lepas. Dia teriak minta salah satu dari kita ngambil lem fox. Pas udah diambilin, dia ngelem kipasnya sambil jawab pertanyaan dari kita-kita. Gue tanya aja ke dia, "Have you ever go somewhere by bajaj?". Dan shocknya, dia pernah naik bajaj! Dari Gambir ke Senen. Kalo gue kenal tuh tukang bajaj, gue pengen bikin buku biografi buat dia.

Dan untuk yang kedua kalinya, Mr. Yasser ngajar di kelas gue. Sama, ajaib juga. Selama 40 menit pelajaran dia, sebagian besar dihabisin cuma buat: bantuin dia bales SMS.

Konon dia mau jual motornya, jadilah Angga (Jalu, hahaha) punya job baru yaitu translatornya Mr. Yasser. Dia juga make jam temen gue, Ratu sama Widya yang dipasang dimatanya. Dia juga nunjukkin cara jalannya ayam yang palanya dimaju-majuin kedepan. Gue sempet mikir tadi tuh orang mau nari ala orang Mesir apa dia kena santet Mbah Dukun.

But, walaupun dia ajaib, tapi gue ngerasa dia sebenernya orangnya bersahabat banget. Keliatan dari cara dia ngomong.

Ah, gue udahin dulu ya cerita gak karuan ini. Bahasa gue gak jelas, otak gue udah mulai geser-geser. Walaupun guru native speaker gue ajaib-ajaib, tapi mereka udah berjasa besar bagi gue karena: mereka menginspirasi gue buat bikin postingan ini. Wherever you are now, Mr. Dustan, Mr. Clown, Mr. Adrian, Mr. Grey, Mr. Yasser, you're awesome!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar